Ketentuan Penyediaan Layanan XL HOME Fiber Broadband yang ditetapkan di bawah ini mengatur Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh PT XL Axiata selaku penyedia layanan. Pelanggan diwajibkan untuk membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pelanggan dalam menggunakan Layanan.


Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Layanan XL HOME, maka Pelanggan dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Ketentuan Penyediaan Layanan XL HOME Fiber Broadband. Ketentuan ini merupakan salah satu bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pelanggan dengan PT XL Axiata. Jika Pelanggan tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi dari Ketentuan Penyediaan Layanan XL HOME Fiber Broadband, maka Pelanggan tidak diperkenankan menggunakan Layanan sebagaimana yang dimaksud.


PENYEDIAAN LAYANAN | SERVICE DELIVERY

1. PT XL Axiata atau XL adalah perusahaan penyelenggara jasa akses internet, didirikan berdasarkan peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.


2. XL HOME Fiber Broadband atau “Layanan” adalah layanan telekomunikasi dalam bentuk data, suara, dan gambar berupa penyediaan Jasa Akses Internet dan Jasa Internet Teleponi untuk keperluan Publik, Email, dan Jaringan Komunikasi Data, termasuk, namun tidak terbatas, pada produk turunan lainnya dimasa mendatang.


3. Pelanggan adalah Pihak yang terdaftar sebagaimana tercantum dalam Formulir Pendaftaran yang disediakan oleh XL HOME, baik atas nama diri sendiri, perusahaan maupun pihak yang diwakili berdasarkan surat kuasa dan/atau dokumen pembuktian lainnya yang sah secara hukum dan peraturan yang berlaku.


4. Perangkat XL HOME adalah Optical Network Terminal (ONT), Set Top Box/Dekoder Digital, Remote Control dan perangkat pendukung lainnya, termasuk, tetapi tidak terbatas, pada peralatan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan dimasa yang akan datang yang terdapat di lokasi Pelanggan, selama peralatan dan perlengkapan tersebut tercatat sebagai milik XL HOME.


5. Lokasi adalah lokasi tempat penyediaan layanan XL HOME Fiber Broadband sebagaimana yang tercantum dalam Formulir Pendaftaran/Dokumen pendukung lainnya.


6. XL HOME akan memberikan Username dan Password (SSID dan password) untuk aksestabilitas dalam menggunakan dan menikmati Layanan. Pelanggan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap segala aktivitas penggunaan Layanan dan menjaga kerahasiaan password sebagai suatu informasi rahasia yang patut dijaga kerahasiaannya.


7. Pelanggan mengakui dan bertanggung jawab secara penuh bahwa informasi dan dokumen yang diserahkan kepada XL HOME sebagai suatu persyaratan pendaftaran Layanan merupakan dokumen yang sah secara hukum dan memiliki kebenaran yang sejati.


8. XL HOME akan melakukan proses instalasi untuk Pelanggan apabila telah terpenuhinya syarat-syarat yang ditetapkan oleh XL HOME, termasuk diantarannya persyaratan teknis, Formulir Berlangganan, kopi Identitas Pelanggan (KTP/SIM/KITAS), pembayaran pertama sesuai jenis layanan yang dipilih dan dokumen lainnya.


9. Pelanggan berhak untuk menikmati segala manfaat dan keuntungan yang diperoleh melalui penyediaan Layanan, dengan tetap memperhatikan Syarat dan Ketentuan yang diberlakukan oleh XL HOME sebagai penyedia Layanan, termasuk peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia.


10. Pelanggan dengan ini mengakui dan menyatakan bahwa XL HOME dibebaskan dari bentuk pertanggungjawaban, atas layanan yang digunakan oleh Pelanggan atas ketidakcocokan peralatan dan perlengkapan yang digunakan oleh Pelanggan untuk menikmati Layanan termasuk jika Pelanggan melakukan hubungan kerjasama dengan Pihak Lain dan/atau telah terjadi suatu kombinasi antara perangkat milik XL HOME dengan perangkat milik Pihak Ketiga yang tidak diatur dalam Perjanjian ini baik secara sebagian maupun menyeluruh yang akan mempengaruhi kualitas Layanan yang dinikmati oleh Pelanggan.


11. Pelanggan dengan ini memahami segala resiko atas penggunaan dan/atau ketidaksanggupan Layanan yang disediakan oleh XL HOME, untuk itu Pelanggan bersedia membebaskan XL HOME dari segala tuntutan ganti rugi baik yang bersifat materil maupun inmateril dan bentuk pertanggung jawaban lain yang ditimbulkan dari adanya resiko tersebut.


12. XL HOME akan melakukan proses instalasi sesuai jadwal pengerjaan yang telah disepakati oleh Pelanggan, dengan standar prosedur yang telah ditetapkan oleh XL HOME, dimana selama proses instalasi berlangsung, Pelanggan ataupun perwakilannya wajib berada di lokasi dan mengawasi seluruh proses Instalasi hingga selesai.


13. Selama Pelanggan masih terdaftar sebagai pengguna Layanan, maka Pelanggan memiliki kewajiban untuk menjaga dan merawat Perangkat XL HOME yang ditempatkan di lokasi. Apabila terjadi kerusakan/kehilangan atas Perangkat pendukung layanan XL HOME, maka XL HOME akan membebankan biaya penggantian/perbaikan kepada Pelanggan.


LARANGAN DAN SANKSI

14. Demi kenyamanan bersama pengguna Internet, Pelanggan tidak diperkenankan untuk melakukan tindakan-tindakan yang disengaja sehingga mengganggu atau merugikan pihak lainnya, termasuk tetapi tidak terbatas pada:


Tindakan atau usaha sehingga menimbulkan gangguan pada suatu jaringan atau sistem komputer atau menimbulkan ketidaknyamanan pihak yang berkepentingan;

Memberikan keterangan palsu terhadap data dan informasi yang dibutuhkan termasuk identitas diri terkait penyediaan Layanan yang disediakan oleh XL HOME;

Menyewakan, menjual kembali, dan/atau mengalihkan penggunaan Layanan XL HOME (baik sebagian atau seluruhnya) kepada pihak lain manapun tanpa persetujuan dari XL HOME;

Melakukan perubahan apapun terhadap konfigurasi Layanan XL HOME dan/atau perangkat pendukung yang disediakan oleh XL HOME;

Tindakan atau usaha lain yang dapat dianggap telah melanggar hukum dan peraturan yang berlaku di wilayah yurisdiksi Republik Indonesia.

15. Pelanggan dilarang melakukan tindakan yang dapat menimbulkan gangguan pada jaringan dan atau sistem elektronik lainnya yang berkaitan atau memiliki keterkaitan dengan penyediaan Layanan yang disediakan oleh XL HOME.


16. XL HOME berhak untuk memutuskan Layanan sebelum Pelanggan menyatakan untuk melakukan pengakhiran masa berlangganan dalam keadaan:


Pelanggan telah melakukan pelanggaran terhadap larangan-larangan sebagaimana yang tercantum dalam Ketentuan Penyediaan Layanan XL HOME Fiber Broadband;

Adanya permintaan dari pejabat penyidik negara guna kepentingan penyidikan sesuai dengan peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia;

17. Pemutusan Layanan sebagaimana dijelaskan pada pasal 16, akan diikuti/didahului dengan pemberitahuan/peringatan sebelumnya kepada Pelanggan.


18. Pelanggan dilarang untuk memberikan hadiah, tips, dan/atau pemberian lainnya yang dapat dikategorikan sebagai suatu pemberian yang tidak diatur dalam ketentuan penyediaan Layanan kepada petugas instalasi, staff, affiliasi, pegawai, manager, dan jajaran direksi XL HOME.


JAMINAN DAN TANGGUNG JAWAB

19. XL HOME bertanggung jawab penuh atas kualitas layanan yang diberikan kepada Pelanggan terkecuali akibat adanya gangguan yang timbul karena kelalaian Pelanggan dan/atau dilaksanakannya tindakan pengamanan darurat dan peristiwa lainnya yang terjadi diluar kendali XL HOME (force majeure) sebagai penyedia Layanan termasuk tetapi tidak terbatas pada suatu akibat dari adanya putusan pengadilan, ketentuan dan peraturan hukum yang baru dan berlaku surut maupun adanya keputusan dari Instansi Pemerintah yang berwenang dalam mengeluarkan suatu kebijakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penyediaan Layanan XL HOME diwaktu yang akan datang.


20. XL HOME berhak sewaktu-waktu mengurangi, menambah atau mengubah Layanannya termasuk dengan perubahan harga dikemudian hari, dengan pemberitahuan terlebih dahulu melalui pengumuman di salah satu saluran XL HOME, email blast, sms broadcast, website, dan teks berjalan (scrolling text), atau pada media-media lainnya, kecuali perubahan yang dilakukan pihak ketiga.


21. Pelanggan wajib menjaga dan memelihara perangkat milik XL HOME di lokasi Pelanggan agar tetap berfungsi dan dalam keadaan baik serta layak pakai terhitung sejak tanggal berlangganan sampai dengan dikembalikannya ke XL HOME akibat berakhirnya masa Berlangganan dengan XL HOME. Apabila terjadi kerusakan/kehilangan atas Perangkat pendukung Layanan XL HOME karena sebab apapun, kecuali akibat dari keadaan Force Majeure, maka XL HOME akan membebankan biaya penggantian/perbaikan kepada Pelanggan.


22. Apabila perangkat milik XL HOME yang ditempatkan di lokasi Pelanggan hilang, rusak atau musnah karena sebab apapun kecuali akibat dari keadaan Force Majeure dan kelalaian XL HOME, maka Pelanggan harus mengganti perangkat tersebut atau mengganti sesuai dengan harga perangkat saat kehilangan atau kerusakan terjadi.


23. Guna meningkatkan kualitas layanan yang disediakan kepada para Pelanggan serta demi pengamanan jaringan internal, XL HOME berhak untuk melakukan perawatan berkala (scheduled maintenance) yang akan diumumkan selambatnya 3 (tiga) hari kalender. XL HOME juga berhak untuk melakukan tindakan pengamanan darurat yang akan diikuti pemberitahuan melalui email dan/atau SMS ke kontak masing-masing Pelanggan.


24. Untuk keperluan pemeriksaan kualitas Layanan XL HOME, Pelanggan wajib memperkenankan XL HOME untuk dapat memasuki dan memeriksa perangkat di lokasi Pelanggan. Sesuai dengan surat perintah kerja yang ditunjukan oleh karyawan XL HOME ke Pelanggan saat dilakukan kunjungan.


BIAYA DAN PEMBAYARAN

25. Atas penyediaan Layanan sesuai dengan jenisnya masing-masing, maka XL HOME berhak atas biaya-biaya berikut ini:


Biaya berlangganan, yang wajib dilunasi Pelanggan sebelum Layanan dimulai; First payment.

Biaya bulanan, yang sesuai dengan jenis Layanan dan/atau fasilitas tambahan menurut permintaan Pelanggan, wajib dilunasi pada tanggal jatuh tempo di setiap bulan penagihan melalui Transfer, ATM atau metode pembayaran lainnya.

Biaya tambahan akan dikenakan untuk permintaan tambahan perangkat, material dan service tambahan saat pemasangan dan/atau selama masa berlangganan.

d. Biaya tambahan akan dikenakan untuk layanan kunjungan teknisi ke rumah pelanggan selama masa berlangganan atas permintaan pelanggan (diluar kendala yang disebabkan oleh gangguan layanan XL Home).

26. Daftar biaya - biaya tambahan XL HOME adalah sebagai berikut:

XL HOME surcharge fee list are as follows:


Penarikan kabel ethernet diluar standard XL HOME atau melebihi 1 meter, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 15.000 (lima belas ribu rupiah)/meter;

Penarikan kabel Drop/ kabel optic diluar standart XL HOME atau melebihi 100 meter, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 (Sepuluh ribu rupiah) / meter;

Penggantian kerusakan perangkat Set Top Box XL HOME akan dikenakan biaya sebesar Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) / unit.

Penggantian kerusakan ONT XL HOME akan dikenakan biaya sebesar Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) / unit.

Penggantian kerusakan kabel HDMI, Remote Control, kabel RCA dan kabel adapter akan dikenakan biaya sebesar Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah) / unit.

Perpindahan perangkat di lokasi yang sama atau ke lokasi baru, akan dikenakan biaya relokasi sebesar Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah).

27. Penagihan atas penggunaan Layanan XL HOME akan dilakukan di setiap Billing Cycle (Periode Tagihan) dan diinformasikan oleh XL HOME melalui Faktur Tagihan/Invoice yang dikirimkan ke email Pelanggan.


28. Pelanggan tidak diperkenankan untuk melakukan pembayaran tagihan dalam bentuk apapun melalui karyawan dan/atau petugas XL HOME di lokasi pemasangan.


29. Minimum masa berlangganan adalah 12 (dua belas) bulan, apabila sewaktu-waktu Pelanggan menginginkan pengakhiran Layanan sebelum 12 (dua belas) bulan masa berlangganan, maka Pelanggan wajib terlebih dahulu memberikan pemberitahuan selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari sebelum tanggal pemutusan dan wajib membayar biaya penalti sebesar Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) dan melunasi semua pembayaran yang tertunggak.


30. Dengan Pemutusan Layanan dan/atau telah berakhirnya masa berlangganan, maka perangkat XL HOME yang ditempatkan di lokasi Pelanggan wajib dikembalikan oleh Pelanggan kepada XL HOME dalam keadaan lengkap dan tanpa adanya cacat baik yang terlihat maupun yang tersembunyi.


HUKUM DAN LAIN-LAIN

31. Tidak dilaksanakannya sebagian atau seluruh Ketentuan ini oleh salah satu atau kedua belah pihak tidak termasuk sebagai pelanggaran atas Ketentuan jika hal-hal tersebut disebabkan oleh keadaan Force Majeure (keadaan memaksa).


32. Yang termasuk Force Majeure adalah kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga, berdampak luas dan yang terjadi diluar kekuasaan manusia, antara lain termasuk tetapi tidak terbatas pada peristiwa-peristiwa atau bencana alam, wabah penyakit (epidemi), pemberontakan, huru-hara, perang, kebakaran, sabotase, pemogokan umum, petir, putus aliran listrik umum diluar kemampuan para pihak untuk mengatasinya.


33. Isi dan pelaksanaan ketentuan ini tunduk kepada peraturan dan hukum yang berlaku di wilayah jurisdiksi Republik Indonesia.


34. Dalam hal timbulnya perselisihan akibat isi dan pelaksanaan ketentuan ini, maka akan diselesaikan secara musyawarah langsung antara Pelanggan dan XL HOME.


35. Apabila Pelanggan dan XL HOME tidak dapat menyelesaikan perselisihan secara musyawarah, maka Pelanggan dan XL HOME sepakat untuk menempuh jalur hukum dan menunjuk Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sebagai domisili hukum umum dan tetap.


36. XL HOME berhak untuk memberikan informasi mengenai identitas Pelanggan terdaftar kepada pejabat penyidik yang berwenang dalam keadaan tertentu sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.


XL HOME reserves the right to provide information on the identity of registered customers to the investigation authorities in certain circumstances in accordance with the laws and regulations applicable in the territory of the Republic of Indonesia.


37. XL Home tidak akan membagikan informasi pribadi dengan perusahaan, organisasi, dan individu diluar XL Home, kecuali dalam situasi yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi XL Axiata. XL Home dapat membagikan informasi non-pribadi kepada pihak ketiga di luar XL Home, seperti penyedia konten atau situs terhubung. Informasi ini dapat digunakan untuk mempromosikan XL Home, mitra layanan dan konten, atau digunakan untuk peningkatan layanan atau konten.


38. Pemutusan layanan akibat permintaan atau kelalaian Pelanggan dalam memenuhi ketentuan ini tidak menghapuskan kewajiban yang terhutang atas penggunaan layanan.


39. Apabila telah terjadi suatu pertentangan atau ditemukannya ketidaksesuaian antara Ketentuan Penyediaan Layanan XL HOME Fiber Broadband dengan Dokumen lain yang masih saling berhubungan dalam penyediaan Layanan yang disediakan oleh XL HOME, maka yang berlaku adalah ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam Ketentuan Penyediaan Layanan Fiber Broadband ini.


40. Apabila terdapat ketentuan dalam Ketentuan Penyediaan Layanan XL HOME Fiber Broadband yang secara khusus mengatur bahwa ketentuan alternatif sebagaimana yang terdapat dalam Dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penyediaan Layanan XL HOME kepada Pelanggan lebih berlaku atas ketentuan yang terdapat didalam Ketentuan Penyediaan Layanan Fiber Broadband ini, maka ketentuan pengganti yang terdapat didalam dokumen tersebutlah yang akan berlaku selama hanya berlaku atas Dokumen-dokumen sebagaimana yang dimaksud tersebut dan bukan merupakan variasi dari Ketentuan manapun dalam Ketentuan Penyediaan Layanan XL HOME Fiber Broadband.


41. XL HOME memiliki hak untuk mengubah baik secara sebagian maupun menyeluruh terhadap isi dari Ketentuan Penyediaan Layanan XL HOME Fiber Broadband di kemudian hari. Setiap perubahan dapat dilihat di website XL Home.